Rabu, Februari 13, 2008

Homepage, webpage dan website

Pada saat kita mengetikan suatu nama domain seperti www. yahoo.com atau www.citywebindo.com kita akan dihadapkan dengan halaman depan website yang kita tuju, namun tahukah anda, bahwa website yang kita tuju itu mempunyai istilah, yaitu homepage, webpage dan website itu sendiri.
Istilah homepage adalah halaman pertama sebuah situs Web. Homepage akan memandu pengguna membuka halaman-halaman lain pada situs tersebut dengan mengikuti informasi atau link yang ada, boleh dikatakan homepage ini adalah “beranda” / halaman suatu web, dimana didepannya disediakan beberapa link yang menuju ke beberapa halaman lainnya.

Sedangkan …

Webpage adalah bagian dari website itu sendiri, webpage bisa dikatakan adalah banyaknya halaman di website itu, jika Anda penasaran dengan webpage itu Anda bisa melihat banyaknya link yang terdapat pada website tersebut.

Dan …

Website [ bisa disamakan dengan situs atau site ] , nah website ini adalah bagian keseluruhan, baik dari halaman depan [ home page ] sampai link yang menuju ke beberapa halaman [ webpage ].
Sejarah Website

Penemu Website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Tidak ada komentar: